Beranda » Jendela bisnis » American Red Cross Biayai Sabuk Hijau di Pantai Pasir Sari

American Red Cross Biayai Sabuk Hijau di Pantai Pasir Sari

P Iklan ini diterbitkan pada: 9 Agustus 2017 , Kategori: ,

American Red Cross Biayai Sabuk Hijau di Pantai Pasir Sari
  • Nomor Iklan: 30980
  • Dilihat: 342 kali

  • U Hubungi Pengiklan
  • Nama: admin
  • Domisili: , Jawa Tengah
  • Lihat semua iklan dari member ini - 330 iklan
  • Tips: Lakukan transaksi dengan cara bertemu langsung dengan penjual dan mari bersama kita bangun budaya jual-beli yang aman dan sehat
  • Ingat! Hindari membayar dimuka & hati-hati dengan iklan yang tidak realistis.

Deskripsi ] American Red Cross Biayai Sabuk Hijau di Pantai Pasir Sari

KEGIATAN kepalangmerahan di Kabupaten Batang dilaksanakan dalam berbagai aktivitas. Salah satunya dengan dibentuknya Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat).

Seperti yang dilaksanakan di Kelurahan Karangasem Utara, Kecamatan Batang dengan menjadikan Pantai Pasir Sari sampai Sicepit ijo royo-royo sebagai sabuk hijau. Pembentukan Sibat ini termasuk dalam Program Pengurangan Risiko Terpadu Berbasis Masyarakat (Pertama) yang diinisiasi oleh PMI.

Dalam program itu, PMI memberikan edukasi dan pelatihan bagi masyarakat yang rentan agar siap hadapi bencana. Dalam hal ini, Sibat berfungsi sebagai jembatan komunikasi dengan masyarakat. Kegiatan tersebut dilaksanakan PMI bersama dengan Palang Merah Amerika (American Red Cross).

’’Pantai Pasir Sari sudah lama menjadi langganan abrasi. Sebagai penanganan, kami mengadakan penghijauan dengan melakukan penanaman mangrove,’’ ujar Ketua Sibat Karangasem Utara Sumar. Untuk pantai, meburutnya, akan ditanami 5.000 cemara dengan alur mulai sungai sampai makam etnis Tionghoa yang ditanami pohon bakau.

Dia menuturkan, penanaman pohon mangrove itu dilakukan sejak November 2016 hingga Maret 2017. Saat ini pohon cemara maupun bakau tumbuh subur. Adapun dananya diperoleh dari American Red Cross. Dana itu digunakan mulai dari pembibitan, penanaman, dan perawatan yang semuanya dilakukan oleh anggota Sibat.

Destinasi Wisata

’’Sibat Karangsem Utara ini anggotanya ada 20-an orang terdiri dari berbagai profesi. Mereka saling bergantian bertugas merawat, menjaga tanaman dan mengecek kondisi di lapangan,’’ imbuh Bendahara Sibat Upik Rahmawati. Lokasi penanaman penghijauan itu memiliki prospek ke depan yang sangat cerah.

Karena berdampingan dengan Pelabuhan Batang. Apalagi saat ini sedang dibangun jalan lingkar menuju pelabuhan yang melewati lokasi penghijuan cemara. Sehingga ke depan, Sibat merencanakan kawasan itu menjadi destinasi wisata hijau.

’’Kami merencanakan nantinya ada wisata hijau. Selain sebagai destinasi wisata juga untuk tempat istirahat, khususnya yang di pelabuhan. Sambil makan atau minum, pengunjung bisa menikmati hijauanya kawasan pohon bakau maupun cemara. Atau menyusuri alur sungai sampai makam etnis Tionghoa dengan perahu getek bambu,’’jelas Upik. Sumar menambahkan, keberadaan Sibat tidak lepas dari binaan Pengurus PMI Cabang Batang maupun dari Kelurahan Karangasem Utara.

Mereka selalu aktif memberikan dorongan dan semangat untuk terus melakukan inovasi dan kreasi.’’Kami salut dengan Pak Lurah Bandriyono yang aktif bersama Sibat menjadikan Pantai Pasirsari maupun Bong Cino ini menjadi ijo royo-royo. SIbat ingin menjadikan kawasan pantai di Batang ini sabuk hijau,’’tandasnya.

Kepala Kelurahan Karangasem Utara Badriyono menuturkan, upaya penanaman mangrove itu akan menjadikan Pantai Pasir Sari aman dari abrasi. Karena itu, pihaknya terus mendorong agar kegiatan penghijauan bisa diikuti organisasi lain. (Arif Suryoto– 69)

? Tags Wilayah: ,
Perhatian! www.iklansuaramerdeka.com selaku penyedia layanan situs pasang iklan baris tidak bertanggung jawab terhadap isi iklan. Harap berhati-hati dan bijaksana dalam menanggapi iklan yang menyesatkan. Segala materi/content iklan maupun banner iklan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pemasang iklan tersebut.

r Berita Terkait American Red Cross Biayai Sabuk Hijau di Pantai Pasir Sari

Penjualan Ritel Daihatsu Naik

P 1 Juli 2019 U ? ,

JAKARTA – Daihatsu mencatatkan penjualan total ritel pada bulan Mei 2019 sebanyak 17.486 unit, naik sekitar 32 persen dibandingkan dengan April lalu 13.216 unit. Marketing... Selengkapnya)

Kebangkitan Kembali Bitcoin dan Kehadiran Libra

P 1 Juli 2019 U ? ,

PEMERINTAH telah mengeluarkan peraturan resmi mengenai cryptocurrency, Februari lalu. Hal itu dianggap sebagai peluang untuk mengembangkan pasar bitcoin di Indonesia. Dalam waktu dekat, Indonesia akan... Selengkapnya)

Inflasi hingga Akhir Juni Sebesar 3,21 Persen

P 29 Juni 2019 U ? ,

JAKARTA – Bank Indonesia (BI), menyatakan laju inflasi hingga pengujung Juni 2019 berada di kisaran 0,45% secara bulanan atau 3,21% secara tahunan. Laju inflasi tersebut,... Selengkapnya)

RUPS Smartfren Setujui Laporan Keuangan

P 29 Juni 2019 U ? ,

JAKARTA – Para pemegang saham menyetujui hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan PT Smartfren Telecom Tbk dan mengesahkan laporan direksi perseroan mengenai jalannya usaha... Selengkapnya)

Sepuluh Bulan Terakhir Peternak Ayam Merugi

P 27 Juni 2019 U ? ,

SEMARANG– Peternak di Jateng merugi dalam 10 bulan terakhir akibat harga ayam anjlok karena kelebihan stok. Untuk mengurangi stok, peternak di sejumlah daerah membagikan ayam... Selengkapnya)