Beranda » Jendela bisnis » Bencana Tanah Retak Berpotensi Ancaman Longsor

Bencana Tanah Retak Berpotensi Ancaman Longsor

P Iklan ini diterbitkan pada: 5 Februari 2018 , Kategori: ,

  • Nomor Iklan: 32060
  • Dilihat: 771 kali

  • U Hubungi Pengiklan
  • Nama:
  • Domisili: ,
  • Lihat semua iklan dari member ini - 9191 iklan
  • Tips: Lakukan transaksi dengan cara bertemu langsung dengan penjual dan mari bersama kita bangun budaya jual-beli yang aman dan sehat
  • Ingat! Hindari membayar dimuka & hati-hati dengan iklan yang tidak realistis.

Deskripsi ] Bencana Tanah Retak Berpotensi Ancaman Longsor

WONOGIRI,  Bencana tanah retak di Kecamatan Kismantoro dan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri, dapat berpotensi memicu ancaman terjadinya tanah longsor. Itu dapat terjadi, ketika limpahan air hujan yang meresap ke rekahan tanah, kemudian menjadi pemicu gerusan erosi di lapisan tanah bawah permukaan.

Terkait ini, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto, menyerukan, agar warga masyarakat di wilayah tanah retak, dapat mengantisipasinya dengan menutup rekanan tanah di permukaan. Tujuannya, agar limpahan air hujan tidak meresap ke dalam tanah dan memicu longsoran.

”Dari pantauan kami kemarin, pergerakan tanah di Kecamatan Purwantoro dan Kecamatan Kismantoro masih dalam kondisi labil,” jelas Bambang Haryanto, Minggu (4/2).

Pantauan yang dilakukan di Dusun Galih RT 2/RW 4, Desa Sumber, Kecamatan Purwantoro, Wonogiri, menemukan pada satu rumah warga, terdapat air bawah tanah yang mengalir di celah rekahan.

Aliran air bawah tanah tersebut, mengalir di kedalaman 260 Cm bawah permukaan, dari sekitar 320 Cm kedalaman rekahan. Menyikapi ini, warga masyarakat bersama pamong desa, dikerahkan untuk bekerja bakti gotong royong, melakukan penutupan semua celah rekahan, baik yang ada di halaman pekarangan maupun di lahan persawahan.

”Warga masyarakat yang mengungsi, berjumlah 27 keluarga terdiri atas 88 jiwa,” jelas Bambang Haryanto. Sebanyak 26 dari 27 keluarga, mengungsi di posko pengungsian di gedung SD 1 Sumber. Yang satu keluarga, mengungsi ke rumah familinya. Dari BPBD Kabupaten Wonogiri, telah mendistribusikan bantuan logistik.

Untuk memberikan pelayanan kepada para pengungsi, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Wonogiri, Suwartono, telah membuka pelayanan dapur umum demi pemenuhan makan sehari-harinya. Kemudian Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Wonogiri, Adhi Dharma, membuka posko pelayanan kesehatan bagi pengungsi.

Dari Kecamatan Kismantoro, Wonogiri, dilaporkan, jajaran Forkompincam yang terdiri atas Camat, Danramil dan Kapolsek, memprakarsai kerja bakti massal warga masyarakat, untuk menutup atau menambal rekahan tanah di permukaan. Ini dilakukan, demi mengantisipasi agar limpahan air hujan, tidak meresap ke dalam rekahan tanah, supaya tidak berlanjut pada ancaman bencana tanah longsor.

Kerja bakti massal didukung pamong desa, bersama para relawan siaga bencana dari Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB). Utamanya untuk penutupan rekahan tanah di Dusun Joho RT 3/RW 7, Desa Gedawung, Kecamatan Kismantoro (70 Kilometer arah timur Kota Wonogiri).

”Kami telah menyiapkan posko pengungsian lengkap dengan suplai logistiknya serta fasilitas dapur umum,” tegas Bambang Haryanto.

(Bambang Purnomo /SMNetwork /CN39 )

? Tags Wilayah: ,,,
Perhatian! www.iklansuaramerdeka.com selaku penyedia layanan situs pasang iklan baris tidak bertanggung jawab terhadap isi iklan. Harap berhati-hati dan bijaksana dalam menanggapi iklan yang menyesatkan. Segala materi/content iklan maupun banner iklan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pemasang iklan tersebut.

r Berita Terkait Bencana Tanah Retak Berpotensi Ancaman Longsor

Penjualan Ritel Daihatsu Naik

P 1 Juli 2019 U ? ,

JAKARTA – Daihatsu mencatatkan penjualan total ritel pada bulan Mei 2019 sebanyak 17.486 unit, naik sekitar 32 persen dibandingkan dengan April lalu 13.216 unit. Marketing... Selengkapnya)

Kebangkitan Kembali Bitcoin dan Kehadiran Libra

P 1 Juli 2019 U ? ,

PEMERINTAH telah mengeluarkan peraturan resmi mengenai cryptocurrency, Februari lalu. Hal itu dianggap sebagai peluang untuk mengembangkan pasar bitcoin di Indonesia. Dalam waktu dekat, Indonesia akan... Selengkapnya)

Inflasi hingga Akhir Juni Sebesar 3,21 Persen

P 29 Juni 2019 U ? ,

JAKARTA – Bank Indonesia (BI), menyatakan laju inflasi hingga pengujung Juni 2019 berada di kisaran 0,45% secara bulanan atau 3,21% secara tahunan. Laju inflasi tersebut,... Selengkapnya)

RUPS Smartfren Setujui Laporan Keuangan

P 29 Juni 2019 U ? ,

JAKARTA – Para pemegang saham menyetujui hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan PT Smartfren Telecom Tbk dan mengesahkan laporan direksi perseroan mengenai jalannya usaha... Selengkapnya)

Sepuluh Bulan Terakhir Peternak Ayam Merugi

P 27 Juni 2019 U ? ,

SEMARANG– Peternak di Jateng merugi dalam 10 bulan terakhir akibat harga ayam anjlok karena kelebihan stok. Untuk mengurangi stok, peternak di sejumlah daerah membagikan ayam... Selengkapnya)