Beranda » Jendela bisnis » Pedagang Pasar Banjarsari Berduka

Pedagang Pasar Banjarsari Berduka

P Iklan ini diterbitkan pada: 26 Februari 2018 , Kategori: ,

  • Nomor Iklan: 32181
  • Dilihat: 757 kali

  • U Hubungi Pengiklan
  • Nama:
  • Domisili: ,
  • Lihat semua iklan dari member ini - 9191 iklan
  • Tips: Lakukan transaksi dengan cara bertemu langsung dengan penjual dan mari bersama kita bangun budaya jual-beli yang aman dan sehat
  • Ingat! Hindari membayar dimuka & hati-hati dengan iklan yang tidak realistis.

Deskripsi ] Pedagang Pasar Banjarsari Berduka

PEKALONGAN- Pedagang Pasar Banjarsari dan Mall Borobudur yang berada di Jalan Sultan Agung Kota Pekalongan berduka. Itu setelah bangunan pasar induk terbesar di Kota Batik yang menyatu dengan Mall Borobudur tersebut ludes terbakar dilalap si jago merah, Sabtu (24/2) petang.

Akibat kebakaran tersebut, pasar yang memiliki empat lantai tersebut hampir semuanya terbakar. Termasuk Mall Borobudur yang lokasinya menyatu dengan pasar.

Melihat pasar terbakar, pedagang hanya bisa gigit jari, bahkan sempat histeris lantaran tak bisa menyelamatkan barang dagangannya. Tidak ada korban jiwa dalam insiden yang terjadi menjelang waktu Maghrib itu. Tetapi, yang pasti mengalami kerugian materi. Penyebab kebaran sendiri belum diketahui secara pasti, termasuk jumlah kerugian akibat insiden dimaksud. Keterangan yang dihimpun, kebakaran tersebut terjadi pukul 18.00 menjelang para pedagang menutup lapak maupun toko dagangannya.

Saat kejadian kebakaran wilayah Kota Pekalongan diguyur hujan ringan. Sumber api kali pertama diketahui dari lantai dua, tetapi belum diketahui pasti dari titik mana. Pada waktu terjadinya kebakaran, para pedagang mayoritas akan menutup kios. Namun kemudian diketahui ada kepulan asap hitam yang berasal dari lantai dua. Kepulan asap hitam dari api yang ada di dalam pasar itu sempat membuat panik para pedagang, maupun pengunjung pasar. Termasuk pengunjung Mall Barobudur, yang lokasinya menyatu dengan pasar.

Para pengunjung mall dan pasar langsung berhamburan keluar lantaran ketakutan dan panik. ”Kebakaran terjadi persisnya menjelang waktu Maghrib tiba, tiba-tiba ada kepulan asap hitam dari lantai dua,” kata Slamet, pengunjung di Pasar Banjarsari Kota Pekalongan kepada Suara Merdeka, Sabtu (23/2) petang.

Semula pedagang berusaha memadamkan titik api di lantai dua dengan menggunakan hidran, akan tetapi lantaran besarnya kobaran api, sumber api tak berhasil dipadamkan.

Selang berapa lama, petugas pemadam kebakaran berusaha memadamakn korban api. ”’Seluruh dagangan berupa sembako, habis total dilalap kobaran api. Saya sempat berusaha masuk untuk mencoba mengevakuasi barang dagangan, tetapi karena tebalnya kepulan asap pekat, tidak berani masuk,” tutur salah satu pedagang yang memiliki toko di Lantai Dua pasar tersebut.

Beberapa mobil Damkar baik dari Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Batang maupun Kabupaten Pemalangh dikerahkan turut membantu memadamkan korbaran api. Termasuk, mobil kebakaran dari BPBD Kota Pekalongan, mobil water cannon Polres Pekalongan Kota. Meski segala kekuatan telah dikerahkan, tetapi api belum sepenuhnya berhasil dikendalikan. Hingga Minggu (25/2) dini hari, kobaran api kembali muncul. Pemadaman kembali dilakukan, namun demikian api belum sepenuhnya padam. Bahkan, hingga Minggu (25/2) siang petugas pemadam kebakaran masih berjibaku berusaha memadamkan kobaran api yang masih terjadi, dari lantai satu hingga lantai empat.

Listrik Dipadamkan

Petugas pemadam kebakaran dan Tim SAR yang datang ke lokasi sempat mengalami kendala, karena lokasi kebaran tertutup kepulan asap hitam pekat. Termasuk, banyaknya bahan-bahan yang mudah terbakar. Saat kebakaran aliran listrik belum dipadamkan oleh petugas PLN. Guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan sekaligus mempermudah proses pemadaman, akhirnya aliran listri di kawasan tersebut dipadamkan.

Wakapolres Pekalongan Kota, Kompol Saprodin, yang memimpin langsung proses pemadaman di lokasi kejadian, menegaskan tim gabungan pemadaman masih berusaha keras untuk memadamkan api. ”Kita, petugas kepolisian, pemadam dan SAR terus berupaya maksimal sejak kemarin petang. Termasuk, hingga hari ini (Minggu,25/2-red),” terang Kompol Saprodin, Minggu (25/2).

Hingga Minggu (25/2), mobil pemadan kebakaran masih tampak hilir mudik berusaha keras mengendalikan kobaran api. Akan tetapi, petugas sempat kesulitan karena akses masuk ke lokasi kebakaran banyak warga yang berjubel di sepanjang jalan menuju pasar. Untuk mempermudah akses pemadaman, sejumlah ruas jalan terpaksa ditutup, maupun diblokade. Seperti halnya dari Bunderan Kadipolo menuju Jalan Salak ditutup, termasuk akses menuju Jalan Blimbing, belakang Pasar Banjarsari. Kemudian, dari Jalan Hasanudin menuju Jalan Sultan Agung (menuju depan Pasar Banjarsari-red) juga diblokade. Serta sejumlah ruas jalan maupun gang menuju lokasi pasar ditutup.

? Tags Wilayah: ,,
Perhatian! www.iklansuaramerdeka.com selaku penyedia layanan situs pasang iklan baris tidak bertanggung jawab terhadap isi iklan. Harap berhati-hati dan bijaksana dalam menanggapi iklan yang menyesatkan. Segala materi/content iklan maupun banner iklan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pemasang iklan tersebut.

r Berita Terkait Pedagang Pasar Banjarsari Berduka

Penjualan Ritel Daihatsu Naik

P 1 Juli 2019 U ? ,

JAKARTA – Daihatsu mencatatkan penjualan total ritel pada bulan Mei 2019 sebanyak 17.486 unit, naik sekitar 32 persen dibandingkan dengan April lalu 13.216 unit. Marketing... Selengkapnya)

Kebangkitan Kembali Bitcoin dan Kehadiran Libra

P 1 Juli 2019 U ? ,

PEMERINTAH telah mengeluarkan peraturan resmi mengenai cryptocurrency, Februari lalu. Hal itu dianggap sebagai peluang untuk mengembangkan pasar bitcoin di Indonesia. Dalam waktu dekat, Indonesia akan... Selengkapnya)

Inflasi hingga Akhir Juni Sebesar 3,21 Persen

P 29 Juni 2019 U ? ,

JAKARTA – Bank Indonesia (BI), menyatakan laju inflasi hingga pengujung Juni 2019 berada di kisaran 0,45% secara bulanan atau 3,21% secara tahunan. Laju inflasi tersebut,... Selengkapnya)

RUPS Smartfren Setujui Laporan Keuangan

P 29 Juni 2019 U ? ,

JAKARTA – Para pemegang saham menyetujui hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan PT Smartfren Telecom Tbk dan mengesahkan laporan direksi perseroan mengenai jalannya usaha... Selengkapnya)

Sepuluh Bulan Terakhir Peternak Ayam Merugi

P 27 Juni 2019 U ? ,

SEMARANG– Peternak di Jateng merugi dalam 10 bulan terakhir akibat harga ayam anjlok karena kelebihan stok. Untuk mengurangi stok, peternak di sejumlah daerah membagikan ayam... Selengkapnya)